Search
Close this search box.

Cara Setting DNS Melalui Plesk

4.5/5 - (2 votes)

Mengenal DNS

DNS adalah singkatan dari Domain Name System. DNS ini biasanya menghubungkan alamat IP (Internet Protocol) dengan nama domain agar lebih mudah untuk diingat oleh manusia.  Dengan kata lain, DNS ini berfungsi sebagai penghubung nama domain dan alamat IP server, misalnya Anda membuka website dengan nama “website-jogjahost.com” sesungguhnya adalah ke IP Server 456.123.789

Cara Setting DNS Melalui Plesk

Perbedaan penggunaan konril panel pada tiap hosting membuat aktivitas pada perubahan DNS ini juga bervariasi. Untuk itu perlu beberapa ilmu tambahan jika Anda menggunakan panel berbeda pada hosting yang digunakan. Berikut ini adalah acara setting DNS melalui plesk :

1. Silahkan bisa login ke Plesk

2. Kemudian klik menu Website & Domains 

3. Selanjutnya Anda bisa klik menu Hosting & DNS

4. Silahkan klik menu DNS 

5. Kemudian pilih bagian Add Record

6. Anda dapat melakukan pengisian IP Server yang hendak diarahkan pada domain

7. Setelah selesai pengisian IP kemudian silahkan klik OK dan tunggu hingga proses propagasi selesai. Adapun proses propagasi ini bisa hanya beberapa menit saja atau sampai 48 lebih tergantung pada konfigurasi tiap jaringan internet yang digunakan.

Pedoman Record yang Perlu Diperhatikan

A Record – yakni untuk memetakan nama host ke alamat IP Server. Tanpa catatan A yang sesuai, pengunjung tidak dapat mengakses situs web, situs FTP, atau akun email Anda.
AAAA Record –  yakni untuk memetakan nama host ke alamat IPv6.
CAARecord –  yakni untuk menentukan otoritas sertifikat (CA) mana yang akan mengeluarkan sertifikat SSL untuk domain.
CNAMERecord –  yakni untuk membuat alias untuk nama domain lain, yang DNS cari. Ini berguna, misalnya, jika Anda mengarahkan beberapa catatan CNAME ke catatan A tunggal untuk menyederhanakan pemeliharaan DNS.
DMARCRecord –  yakni untuk menunjukkan tindakan yang harus diambil oleh server mail saat menerima email dari domain ini, tetapi pesan itu gagal diperiksa oleh SPF dan DKIM. Jika Anda memilih opsi ini, sistem membuat catatan TXT dengan catatan DMARC default.
MX Record – yakni untuk merutekan email masuk domain ke server tertentu.
SRV Record–  yakni untuk memberikan informasi tentang layanan yang tersedia pada port tertentu di server Anda.
TXT Record – yakni berisi informasi teks untuk dibaca berbagai layanan.

Related Post:

Leave a Comment

Content

Pilihan

Dapatkan layanan hosting unlimited murah dengan unlimited storage SSD, unlimited bandwith,litespeed webserver dan fitur unggulan lainnya di Jogjahost